Monday, March 19, 2018

Membuat WebServices SOAP Suhu

Daftar Isi Pelajaran ...

Akses data eksternal berikutnya adalah webservices atau layanan web.  Pada latihan ini kita mengakses sumber webservices dengan menggunakan SOAP (Simple Object Access Protocol). Webservices bisa dijalankan jika kita mengakses sumber penyedia layanan web. Kita mengakses URL https://www.w3schools.com/xml/.  Webservices membuat komunikasi antar PC, hosting dan gadget terjadi dengan sistem operasi dan bahasa pemrograman yang berbeda.  Mereka berkomunikasi dengan data text melalui protokol http. Misal pada contoh ini Android dengan bahasa java mengakses webservices yang dibuat dengan bahasa .NET.



Hal itu dimungkinkan karena hampir semua penyedia sistem operasi dan bahasa pemrograman menyediakan fasilitas komunikasi webservices, hanya beda syntax penulisan webservices nya.  Kita juga membaca file WSDL (Web Service Discription Language) pada setiap URL nya untuk mengetahui Methode Name dan Inputan yang dibutuhkan.

Ada tiga variable yang tidak boleh salah  menuliskanya karena bertipe string jadi jika salah webservices anda tidak jalan.  Tiga variable itu adalah methode, namespace dan url.  Semua hal diatas dapat anda dalami dalam tutorial dan source code aplikasi android.  Selamat berlatih sahabat ASIC.


Petunjuk Pemakaian : PetunjukPemakaian.pdf
Source Code Android : SrcCodeAndroidW3Schools.zip

No comments:

Post a Comment